gambar laptop yang sedang mengakses halaman dashboard Wordpress

Mengenal WordPress

+Siapa yang nggak kenal dengan WordPress?

-Pernah denger sih, tapi nggak tahu apaan

Jadi begini ceritanya, pada zaman dahulu kalau orang mau bikin website,  kudu ngoding banget pakai HTML, CSS, PHP, ASP, JSP, MySQL, dan kawan-kawan. Pokoknya njelimet, lah. Haha. Lalu kemudian, semakin banyak orang yang berbaik hati dan bertekad baja untuk membantu orang lain, maka dibuatlah Content Management System (CMS) sehingga, orang awam yang nggak pernah kenal ngoding sekalipun, bisa buat website dengan pengaturan yang minimal banget.

CMS ini ibaratnya tepung mix buat bikin pancake, brownies atau cake yang tinggal dijebrusin di baskom, kasih air, telur, mentega maka jadilah kue yang enak tanpa perlu ribet.

Nah, CMS ini ada buanyaaak. WordPress adalah salah satu ‘merk’ CMS yang paling banyak dipakai dan diandalkan menjadi engine seperempat website yang beredar di jagat internet sekarang ini.

WordPress ada dua macam:

  1. wordpress.org
  2. wordpress.com

Bedanya apa? Beda nama domainnya, yang satu .org, yang satu .com. Yap!

Dari domainnya aja udah keliatan, kan? Yang wordpress.org adalah website yang menyediakan free CMS source code yang bisa kita unduh, lalu pasang di hosting kita, dengan domain sesuka kita pula.

Sementara wordpress.com adalah website yang menyediakan layanan website berbayar jika kita mau ganti domain dan sewa hosting. WordPress.com ini dijalankan sepenuhnya oleh Automattic.

Perbedaan yang lebih signifikan adalah, wordpress.org memberikan kebebasan sepenuhnya kalau kita mau pasang plugin, gonta ganti themes sesuka hati, atau ngotak ngatik kodenya sesuka hati.

Lain ceritanya sama wordpress.com. Kalau kita bangun website di sini, layanan instalasi plugin dan pakai themes terbatas sesuai dengan kemampuan dan keniatan membayar layanan. Hahaha.

Oya, apa di wordpress.com masih bisa bikin www.websitegue.wordpress.com? Jawabannya adalah nggak. Gue nggak tahu jelasnya kapan, tapi sekarang lo udah ga bisa kustom subdomain lagi di wordpress.com. Yang tersedia adalah www.websitegue234234829365230.wordpress.com.

Artinya, itu subdomain di-auto generate sama wordpress.com dan lo ga bisa ubah sesuai keinginan lo. Cedih? Jangan sedih, lebih baik unduh engine WP di wordpress.org lalu sewa domain dan hosting sendiri. Hahaha..

Nggak bisa settingnya? Belajar bareng, yuk!

 

Published by

Inne Ria

A mother who loves to write articles, codes and black letters

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *